Labs247 Bersama Dengan BMKG Mengembangkan Radar Cuaca WX-1

Labs247 dan BMKG bekerjasama mengembangkan teknologi Hi-tech: Weather Radar WX-1. Proses pengukuran Radar Cuaca WX-1 yang dikembangkan oleh Labs247 ini dilakukan di Geostech, Puspitek Serpong. Agenda yang dilaksanakan saat pengukuran radar adalah melakukan komparasi dan kemudian radar tersebut di evaluasi. Proses pembuatan radar ini pun dilakukan melalui 2 fase, yaitu fase horizontal scanning dan fase vertical scanning ditambah fitur-fitur yang diminta oleh BMKG, dimana BMKG sendiri disini yang nantinya akan menjadi usernya.

Panjang gelombang yang dipancarkan radar tersebut adalah sejauh 60 km secara horizontal dan vertikal dengan hasil yang lebih detail.

Radar Cuaca WX-1 ini dibuat khusus untuk situasi cuaca di Indonesia. Apa kelebihannya? Berbicara mengenai kelebihan, radar ini berpontensi akan sangat menguntungkan karena selain radar WX-1 ini sangat canggih, power transmit weather radar WX-1 ini juga hanya 30 watt dan untuk konsumsi keseluruhan tenaganya tidak sampai 500 watt karena radar ini sudah memakai teknologi Frequency Moculated Continuous Wave (FMCW).

Direncanakan nantinya radar tersebut akan diimplementasikan di bandara-bandara perintis di Indonesia.

Data Mining Solutions by SOLUSI247

Solusi247 menawarkan solusi Data Mining. Data mining? Ya. Data mining adalah aplikasi kami yang memungkinkan Anda untuk menganalisis database secara besar-besaran secara statistik agar user mendapatkan informasi penting seperti pengenalan pola data, prediksi, pengelompokan data, klasifikasi data atau asosiasi data. Informasi-informasi seperti ini hampir tidak akan kita dapatkan dari metode metrik konvensional.

Bagaimana Solusi247 menawarkan solusi data mining? Solusi247 menyediakan solusi data mining melalui aplikasi open source pada server komputasi grid untuk memastikan data diproses secara optimal dan cepat. Solusi kami terintegrasi dengan Grid247 sebagai ETL dan data warehouse.

Solusi Data Mining yang ditawarkan oleh Solusi247 akan memberikan penggalian informasi seperti :

  • Costumer Behaviour Pattern Solution (Solusi Pola Perilaku Pelanggan)

Solusi Pola Perilaku Pelanggan ini menggunakan pemilihan fitur dan metode klasifikasi data untuk menyoroti atribut penting dari data agar diperhatikan sebagai pola perilaku pelanggan.

Model klasifikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengeluarkan kelompok pelanggan penting seperti calon  pelanggan. Tujuan dari pengenalan pola ini adalah mengurangi biaya kampanye secara efektif dengan hanya memilih calon pelanggan sesuai dengan pola-pola tertentu hingga solusi yang ditawarkan tidak hanya tepat sasaran namun juga tepat guna.

Model klasifikasi meliputi decision tree, artificial neural network dan support vector machine.

  • Market Basket Analysis

Market Basket Analysis memungkinkan perusahaan untuk menemukan hubungan aktivitas pelanggan. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk program pemasaran dan penjualan seperti program penjualan silang, diskon atau program loyalty.

  • Prediction or Forecast

Predictive data mining tools menganalisa data historis dan data transaksional untuk mendapatkan informasi di masa depan. Perkiraan data ini sangat penting, mengapa? Karena solusi ini dapat mengurangi resiko dan juga perusahaan bisa melihat peluang di masa depan. Alat prediksi kami meliputi regresi linear dan non linear, machine learning, dan time series model.

Pemodelan machine learning dapat memprediksi complex multimensional yang mana kompleks untuk metode metrik konvensional.

INDERA MX-4: Radar Maritime Yang Sukses Digarap oleh SOLUSI247, BPPT dan Telekomunikasi Radar Indonesia

Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan dana riset kepada SOLUSI247 yang bekerja sama dengan BPPT dan TRI (Telekomunikasi Radar Indonesia) yang mana dana tersebut adalah dana kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi untuk kebutuhan nasional.

Adalah Radar LPI (Low Probability of Intercept) yang menjadi salah satunya. Kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi tersebut telah menghasilkan sebuah prototype radar surveillance maritime yang diberi nama “Radar Indera MX-4” yang sudah di-serah-terima-kan kemarin oleh Kemenristekdikti dimana yang menyerahkan adalah Direktur Jenderal Penguat Riset dan Pengembangan, Bpk. Muhammad Dimyati kepada Kemenhub dimana yang menerima adalah Sekretaris Jenderal Sugihardjo. Acara serah terima prototype Radar Indera MX-4 diselenggarakan di Kantor Distrik Navigasi Kelas I, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, 31 Juli 2017.

Dalam penjelasannya, Bpk. Dimyati mengatakan bahwa Radar Maritim INDERA MX-4 ini adalah buatan dalam negeri dan memiliki kelebihan dibandingkan teknologi radar maritime konvensional yang banyak digunakan pada umumnya. Kelebihan Radar INDERA MX-4 sudah menerapkan teknologi FMCW (Frequency Modulated Continuous Wave) yang memungkinkan digunakannya data pancar yang sangat rendah dengan resolusi jarak yang lebih tinggi.

Bpk. Dimyati juga menjelaskan bahwa di radar generasi ke-empat ini juga dapat diterapkan teknologi solid state yang akan memberikan lebih banyak keuntungan terutama dalam hal biaya pemeliharaan yang mana biayanya akan lebih rendah serta usia pakai yang lebih panjang.

Radar yang telah diuji coba dan dioperasikan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut secara non-stop di stasiun VTS (Vessel Traffic Services) di Merak digunakan untuk mengawasi traffic lalu lintas kapal di perairan Selat Sunda pada saat padatnya lalu lintas arus mudik lebaran 2017 lalu.

Hasil dari uji coba radar INDERA MX-4 ini sangat baik dan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.  Pembuat radar “Indera MX-4” Andrian Andaya Lestari menjelaskan, radar ini memiliki spesifikasi teknis antara lain; Memiliki aplikasi Radar Surveillance Maritim dengan frekuesi X-band, menggunakan teknologi FMCW, Solid State dengan daya pancar 5 Watt, jarak jangkau maksimum 30 NM (55 km) dan resolusi jarak maksimum 3 meter. Radar ini juga memiliki panjang antena sekitar 2.2 meter dan berat unit antena 300 kilogram.

Radar Maritime Dari Dalam Negeri, Radar Indera MX-4

SOLUSI247 Bekerja sama dengan BPPT dan TRI (Telekomunikasi Radar Indonesia) dipercaya oleh RISTEKDITI untuk membuat serta mengembangkan radar maritim karya anak  bangsa. Radar yang dimaksud adalah Radar INDERA MX-4 yang kemarin dihibahkan kepada Kementrian Perhubungan (Kemenhub) oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Sangat membanggakan ketika pada tahapan uji coba Prototype Radar Maritim INDERA MX-4 dilakukan, hasil yang di dapatkan dari pembuatan dan pengembangan radar tersebut  berfungsi dengan baik sesuai dengan spesifikasi teknis yang direncanakan. “Saat ini Prototype Radar tersebut telah dioperasikan secara penuh oleh VTS Merak Banten dan sangat membantu operasional VTS Merak untuk memantau lalu lintas kapal, terutama pada periode arus mudik lebaran 2017 lalu.” Ujar Sesjen Sugihardjo.

Sesjen Sugihardjo juga menjelaskan bahwa radar INDERA MX-4 untuk maritime ini memiliki teknologi yang tidak dimiliki oleh radar yang terdahulu (yang pernah di implementasikan). Salah satu keunggulannya adalah radar tersebut bisa dilacak oleh alat pendeteksi radar yang dipasang dikapal. Sehingga, dengan begitu semua kapal yang bergerak di wilayah Pelabuhan Merak bisa terdeteksi. “Alat ini lebih canggih dari radar konvensional sebelumnya. Alat ini tingkat keamanannya lebih tinggi. Alat ini juga dapat mengedapankan karya anak bangsa,” tutur beliau.

Selain keunggulan yang tersebut diatas, kelebihan lain dari radar ini adalah radar ini juga menggunakan bandwidth lebih luas, sehingga semua kapal dapat terdeteksi. Radar ini juga bisa menutup lubang yang menjadi kekurangan Kemenhub. Hal tersebut dijelaskan oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Muhammad Dimyati.

Radar Indera MX-4 diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dan keamanan mumpuni karena sulit digapai oleh alat pendeteksi radar.

“Ini radar generasi keempat. Life time-nya lebih panjang dan lebih murah dari radar buatan asing karena local content-nya mencapai 75%,” tambah Bpk. Dimyati di acara tersebut.

Biaya yang di keluarkan untuk riset Radar Maritime INDERA MX-4 ini sejumlah kurang lebih Rp. 3 miliiyar.

Serah Terima Hasil Riset Radar INDERA MX-4 Garapan Anak Bangsa Oleh Kemenristekdikti Kepada Kemenhub

Jakarta, 01 Agustus 2017 – Mendapat kepercayaan dari Kementrian Riset, Teknik dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), SOLUSI247 bekerja sama dengan BPPT dan TRI (Telekomunikasi Radar Indonesia) menciptakan radar maritime karya anak bangsa yang diusung dengan nama Radar Maritime INDERA MX-4 yang kemudian dihibahkan kepada Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Riset yang menghasilkan Purwarupa atau Prototype Radar Maritim LPI (Low Probability of Intercept) INDERA MX-4 ini membutuhkan waktu 2 tahun untuk penyelesaiannya. SOLUSI247 merasa sangat terhormat sekaligus bangga karena radar yang proses pembuatannya membutuhkan waktu selama 2 tahun serta dan dibuat langsung di Head Office SOLUSI247  ini sukses dalam pengimplementasiannya.

Penyerahan Prototype Radar tersebut dilaksanakan di Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Jakarta, 31 Juli 2017. Turut hadir CEO SOLUSI247, Bpk. Beno K. Pradekso, ditemani oleh Bpk. Y. Andi Kirana selaku Account Manager SOLUSI247, Oktanto Dedi selaku Head of Radar Division dan Deny Yulian selaku Head of Software Division.

Serah terima Prototipe Radar LPI tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Muhammad Dimyati kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Dwi Budi Sutrisno selaku PH. Dirjen Perhubungan Laut dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo.

Sweet 17th Anniversary SOLUSI247

SOLUSI247 baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-17 kemarin, 24 Juli 2017. Usia perusahaan yang tergolong muda ini SOLUSI247 memiliki besar untuk menjadi “Perusahaan ICT Terbesar Di Indonesia”. Di usianya yang mulai beranjak dewasa, banyak harapan dan cita-cita yang akan dicapai bersama. Untuk bisa mencapai cita-cita tersebut, SOLUSI247 harus siap melalui badai yang akan menerpa di kemudian hari. Tantangan dan rintangan dikemudian hari bukan akan semakin ringan namun akan semakin berat dikarenakan akan banyak competitor-kompetitor baru yang bermunculan. Perusahaan harus siap bebenah, menjalankan visi dan misi yang telah ditetapkan untuk dijadikan motivasi untuk terus berkembang, bergerak maju, bekerja keras dan berinovasi.

Chief Executive Officer SOLUSI247, Bpk. Beno Kunto Pradekso menyampaikan motivasi yang bertujuan untuk memajukan kreatifitas para SDM nya. Dengan begitu, SOLUSI247 akan terus maju dan berkembang pesat di Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ICT ini. Disampaikan pula oleh beliau bahwa SOLUSI247 terpilih menjadi salah satu nominasi Anugerah Abyudaya 2017 dalam rangka rangkaian kegiatan Anugerah Iptek Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-22.

DSC07102

Mengusung konsep acara white and or denim, dengan kompak karyawan beserta management menggunakan dresscode white and or denim. Tidak hanya merayakan acara ulang tahun. SOLUSI247 mengadakan acara halal bi halal serta memberikan apresiasi kepada para karyawan teladannya. Ada 10 kandidat terpilih sebagai “best employee” diantaranya adalah Rizky Alif Yuza, Angga Nur Darmawan, M. Ali Syahbana, Fajar Bifaqih, Ferry Pranolo, Gunawan Z, Denie dicanangkan sebagai 7 besar kandidat best employee, serta Tsania Kharisma Della, Deby Ecintia, Diki Supandi dicanangkan sebagai the best three employee.

Chief Operational Officer SOLUSI247,  Pak Amin menyampaikan bahwa 10 kandidat tersebut dipilih dengan fair oleh para leadernya serta sudah dipertimbangkan juga oleh management. Beliau juga memberikan harapan kepada para karyawan yang belum terpilih untuk menjadi best employee, “siapapun bisa menjadi seperti mereka yang sekarang ada diatas panggung (the best employee). Jadi jangan takut, kami para management akan terus mengapresiasi siapapun kalian yang akan mejadi the best employee selanjutnya. Bisa orang baru, bisa juga gelar ini jatuh kepada mereka yang diatas panggung ini. Jadi, lakukanlah yang terbaik.”

Chief Marketing Officer SOLUSI247, Bpk. Aria Rahendra juga meberikan motivasi, “Banyaklah belajar, tidak masalah jika harus belajar sendiri, pintar untuk diri kalian sendiri, namun dampak baiknya terasa oleh banyak orang.”

HGrid (Hadoop Grid) – Tools Pemroses Big Data Tercepat dan Terefisien dari Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, semakin cepatnya perkembangan teknologi saat ini menjadikan semakin banyaknya data yang dihasilkan setiap harinya. Data-data yang terdistribusi sudah tak terhitung lagi jumlahnya.  Bayangkan saja, semakin banyak pengguna smartphone, sudah dipastikan semakin banyak pula pengguna media social. Jika dihitung dari jumlah penduduk Indonesia, kemungkinan bisa 90% nya adalah pengguna media social. Sudah dipastikan juga data yang terdistribusi di dunia maya sangat besar jumlahnya. Lonjakan jumlah data tersebut mengakibatkan ledakan data atau biasa disebut dengan BIG DATA.

Menanggapi permasalahan tersebut, SOLUSI247 menawarkan kepada dunia tools big data processing tercepat dan termudah dari Indonesia. Tools ini dinamakan HGRID atau lengkapnya adalah Hadoop Grid.

Mengapa tercepat dan termudah?

HGRID sengaja dibuat dengan tujuan untuk mempercepat dan mempermudah pemrosesan big data dikarenakan salah satu keunggulan dari HGRID adalah TANPA CODING. Bayangkan saja, jika seharusnya para programmer atau developer melakukan pemrosesan big data dilakukan dengan coding yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengerjaannya, dengan menggunakan HGRID para programmer atau developer hanya perlu melakukan drag and drop  dalam mengerjakan pemrosesan big data. Keunggulan HGRID yang lainnya adalah tools ini bersifat open source. HGRID juga menyediakan penyimpanan besar-besaran untuk semua jenis dan tipe data. HGRID memiliki kekuatan yang besar dalam mengerjakan pemrosesan data, serta mampu untuk menangani tugas atau pekerjaan tanpa henti.

Dikarenakan kualitas HGRID yang sudak tidak diragukan lagi, HGRID sudah dipakai untuk melakukan pemrosesan data di beberapa perusahaan telco ternama di Indonesia.

Buka Puasa Bersama dan Santunan 100 Anak Yatim

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Alloh maha mendengar lagi maha mengetahui". (Q.S At-Taubah ayat 103)

Rabu, 14 Juni 2017 silam, Solusi247 melaksanakan kegiatan CSR di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Hidayah - Yayasan Hidayatul Islam Jakarta. Pondok pesantren tersebut berlokasi di Jl. Munggang No. 50 RT.08/04 Kel. Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur - 13530.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan berkah, bulan dimana orang-orang muslim berlomba-lomba mendapatkan pahala, karena setiap perbuatan baik di bulan ramadhan niscaya pahala yang diberikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, aamiin. Dalam rangka bulan ramadhan ini pun, SOLUSI247 ikut serta dalam kegiatan CSR dimana inti dari acara tersebut adalah santunan kepada 100 anak yatim yang menghuni pondok pesantren Al-Qur'an Al-Hidayah.

Didalam kegiatan ini, SOLUSI247 sangat sadar akan kewajiban untuk berbagi rezeki kepada orang-orang yang membutuhkan terutama kepada anak-anak yatim yang usianya masih sangat belia.

CSR (Corporate Social Responsibility) Solusi247 berisi kegiatan siraman rohani oleh Ustad Masyudi, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, santunan 100 anak yatim, buka puasa bersama, shalat maghrib berjama'ah dan diakhiri dengan shalat tarawih berjama'ah. Kegiatan CSR Solusi247 ini tentu saja bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan berbagi rezeki kepada sesama umat muslim yang membutuhkan. Kegiatan yang dimulai dari pukul 16.00 WIB berakhir pada pukul 20.30 WIB.

Edukasi Big Data di PANDI Meeting 8 oleh Beno Kunto Pradekso

PANDI Meeting kembali diselenggarakan di Jakarta. Jika sebelumnya di tahun 2016 acara ini diselenggarakan di Kota Kasablanka – Jakarta Selatan, kali ini PANDI Meeting diselenggarakan di Hotel 1O1 Dharmawangsa dan Dharmawangsa Square (pameran), Jalan Darmawangsa IX No. 14, Kebayoran Baru, RT.5/RW.1, Pulo, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12160. Acara yang sedang berlangsung saat saat ini, terhitung mulai tanggal 15 Mei 2017 dan akan berakhir pada tanggal 18 Mei 2017 ini membuat serangkaian kegiatan didalamnya seperti Seminar, Workshop dan Diskusi.

Dalam PANDI Meeting kali ini, tanggal 16 Mei 2017 kemarin, PANDI meluncurkan produk-produk barunya, Ada 2 produk terbaru dari PANDI diantaranya U.id dan My.id yang mana masing-masing produk tersebut dapat terintegrasi satu sama lain.

Setelah soft launch produk-produk tersebut, acara dilanjutkan dengan kegiatan seminar yang bertajuk “BIG DATA: Mengapa Harus Big Data?” oleh CEO sekaligus Founder SOLUSI247, Bpk. Beno K. Pradekso. PANDI mempercayakan Pak Beno untuk memberikan edukasi dasar mengenai Big Data kepada audience yang hadir ke kegiatan seminar tersebut.

Bpk. Beno K. Pradekso membahas mengenai case-case yang dihadapi oleh SOLUSI247 yang berkaitan dengan data processing. “Big data tidak melulu diartikan sebagai data yang besar ataupun data yang banyak. Big data pun menurut saya bukan teknologi, melainkan sebuah challenge.” Jelas beliau kepada audience.

Disamping menjelaskan big data, Bpk. Beno juga memperkenalkan salah satu produk local buatan anak negeri dimana produk tersebut benar-benar dibuat oleh rekan-rekan SOLUSI247 Jogja, produk tersebut dinamakan CHANTEL. Apa itu CHANTEL? Chantel adalah Document Management System. Sama halnya seperti aplikasi penyimpanan dokumen lainnya, Chantel mampu meng-organize dokumen-dokumen yang disimpan oleh para penggunanya.

Solusi247 di Event CeBIT 2017, Hannover, Germany

The future is already here! Event pameran teknologi CeBIT 2017 di Hannover, Germany  kembali diselenggarakan. Acara yang dibuka untuk umum ini dimulai pada hari Senin, 20 Maret 2017 sampai Jumat, 24 Maret 2017 silam. Menghadirkan para exhibitor-exhibitor kelas atas, acara ini benar-benar memberikan kesan “our future in here!”. Mengusung tema “Solusi terapan bagi teknologi digital”, CeBIT2017 memberikan gambaran bagaimana teknologi-teknologi di masa mendatang.

Berbicara mengenai teknologi termahsyur, Solusi247 mengirim beberapa perwakilan-perwakilan untuk ikut serta menjadi exhibitor di acara CeBIT2017 dengan membawakan teknologi yang mereka kembangkan bersama IRI bernama IRI Voracity, diantaranya adalah Bpk. Sigit Prasetyo, Ibu Melianie Sari, Ibu Ari Puwatiningsih.

Di event CeBIT2017, Solusi247 berada di Hall 6, Stand G09, Co-exhibitor with Ministry of Indonesia of the Republic of Indonesia.

IRI Voracity dan Solusi247

Solusi247 adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ICT, menjadikan Solusi247 dipercaya oleh Innovative Routines International (IRI) untuk mengembangkan produk yang diusung dengan nama IRI Voracity.

IRI Voracity® adalah satu-satunya high-perfomance, all-in-one platform untuk mengelola data. Dengan Voracity, Anda bisa mendapatkan kumpulan solusi-solusi lengkap yang dapat menggantikan software-software khusus, dan bukti terhadap perkembangan dan perubahan data. IRI Voracity® sangat cost-eficient, Anda tidak lagi membutuhkan team yang besar untuk menggunakan IRI Voracity® karena software ini sangat mudah dikelola.

IRI Voracity® menggabungkan data discovery, integrasi, migrasi, governance, dan analisis dalam kerangka metadata yang berhasil dibangun di atas Eclipse™. Hal ini memanfaatkan kekuatan dari IRI CoSort, atau Hadoop MR2, Spark, Spark Stream, Storm dan Tez.