ITERA

Big Data Untuk Kedaulatan Data Indonesia

Menggandeng ITERA (Institut Teknologi Sumatra) dan AIDI (Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia, IDBigData menggelar meetup yang pertama di tahun 2017 di kampus ITERA, Lampung.
Meetup dibuka oleh Wakil Rektor I ITERA, Prof. Dr.-Ing. Mitra Djamal, dan menampilkan topik-topik menarik dan terkini yang terkait dengan big data.

Pembicara yang tampil di antaranya adalah Dr. Masayu Leylia Khodra dari ITB, memaparkan mengenai "Text Mining: Peringkasan Teks Bahasa Indonesia". Dalam era di mana pertumbuhan data dan informasi terjadi secara luar biasa, muncul fenomena yang biasa disebut "Information Overload", atau kebanjiran informasi. Orang tidak mungkin lagi membaca semua informasi yang ditemui. Untuk mengatasi hal ini, peringkasan teks menjadi sebuah proses yang penting dan sangat memudahkan bagi manusia untuk menyerap sebanyak mungkin informasi dalam waktu yang terbatas.
Pembicara lain adalah Andry Alamsyah, S.Si, M.Sc, Chairman dari Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia (AIDI), menjelaskan mengenai Data Sains dalam perspektif bisnis. Dalam paparannya Andry menyampaikan banyak sekali use case yang menarik yang berkaitan dengan pengolahan data dan opportunity yang dapat digali dan diciptakan dari data.

Tampil pula Ir. Beno K Pradekso MSc.EE, CEO SOLUSI247, membawa tema "Big Data untuk Kedaulatan Data Indonesia", dan tidak ketinggalan pula, Sigit Prasetyo, ketua IDBigData, yang mengajak peserta untuk berkenalan dengan YAVA, distro Hadoop buatan anak bangsa.
Meetup #12 ini dihadiri oleh 89 peserta, yang berasal dari kalangan universitas, pemerintahan dan industri, di antaranya dari ITERA, Unila, Bapeda Lampung dan Bank Lampung.

Selain seminar singkat, di hari ke 2 diadakan pula workshop yang merupakan kerja sama dengan Lab247, yang memberikan kesempatan pada para peserta untuk mendapatkan hands on experience dengan big data tools dan platform seperti Chanthel (distributed document management), dan HGrid (big data engineering).
Untuk rekan-rekan yang belum berkesempatan mengikutinya, rekaman meetup ke 12 ini dapat disaksikan melalui channel IDBigData.

Meetup ke 13 rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari 2017, bekerja sama dengan Universitas Indonesia.


 

Source : idBigData