idBigData: Seputar Big Data Edisi #2

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu kedua bulan Januari 2017.

Artikel dan Berita

  1. DZone Big Data - Generating Values From Big Data Analytics for Your Business in 2017
    Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan big data pada toko online atau marketplace
  2. McKinsey - Unlocking the power of data in sales
    Bagaimana memanfaatkan data untuk memaksimalkan performa dalam B2B sales.
  3. Simplified Analytics - This is how Analytics is changing the game of Sports!!
    Big Data dan Analisa Data telah membuat banyak perubahan pada berbagai industri, tak terkecuali pada bidang olahraga. Selama beberapa tahun terakhir, dunia olahraga telah mengalami ledakan dalam penggunaan analisa data.
  4. DZone Big Data - The Role of Big Data in Finance and Trading
    Industri keuangan dan perdagangan valuta maupun saham selalu mengandalkan data yang kuat dan masukan yang akurat dalam pengambilan keputusan. Memasuki tahun 2017 ini, sangat jelas bahwa big data merevolusi industri keuangan dan perdagangan baik dari dalam ke luar.
  5. Yahoo Finance - Big Data Market to Reach 3 Billion by 2025: Increased Adoption of Cloud Computing - Research and Markets
    Research and Markets dalam laporannya "Big Data Market Analysis 2014 - 2025" menyatakan bahwa pasar big data diharapkan akan mencapai USD 123.2 miliar pada tahun 2025.
  6. Smart Data Collective - 3 Sweet Big Data Lies
    Big Data menjadi sebuah buzzword sampai hari ini. Walaupun memang petensinya cukup besar dalam menyelesaikan masalah, namun ada beberapa pemahaman yang kurang tepat terhadap big data.
  7. The Register - Hadoop hurler Hortonworks votes Tibco veteran for president
    Hortonworks menunjuk nama baru sebagai sebagai President dan COO pada perusahaan tersebut. Ia adalah Raj Verma yang sebelumnya merupakan COO pada enterprise software bussiness TIBCO dan telah terbukti kesuksesannya dalam mengakselearsi peningkatan revenue yang signifikan.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. DZone Big Data - Quick Tips: Apache Phoenix and Zeppelin
    Sebuah tips mengenai query pada Apache Phoenix menggunakan Zeppelin, dan dengan cepat menambahkan grafis untuk tabel Zeppelin tersebut
  2. AWS Big Data Blog - Create a Healthcare Data Hub with AWS and Mirth Connect
    Pemanfaatan Mirth Connect yang merupakan teknologi open source pada Amazon Web Services untuk membangun sebuah sistem untuk mengintegrasikan informasi-informasi dalam bidang kesehatan.
  3. Creating Data Visualization in Matplotlib
    Matplotlib adalah library data visualization untuk Python yang paling banyak digunakan. Overview ini mencakup beberapa grafik yang bermanfaat untuk berbagai macam analisis, dan bagaimana sebaiknya grafik tersebut disajikan agar data anda dapat 'bercerita'.
  4. DZone Big Data - Parsing and Querying CSVs With Apache Spark
    Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana memecah dan mengquery data berformat CSV menggunakan Apache Spark. SQLContext akan memudahkan query pada data CSV.
  5. MapR - Real-time Smart City Traffic Monitoring Using Microservices-based Streaming Architecture (Part 2)
    Artikel ini merupakan seri lanjutan dari pemanfaatan Complex Event Processing (CEP). Kasus ini akan memanfaatkan sensor tunggal yang dapat mengukur kecepatan kendaraan yang melewatinya. Dengan menggunakan data sensor tersebut kita dapat memprediksikan kemacetan secara realtime
  6. Cloudera Engineering Blog - How-to: Fuzzy Name Indexing in Apache Hadoop with Rosette and Cloudera Search
    Pada tutorial ini akan dipelajari cara menggunakan Coudera Search dan Rosette untuk melakukan pencarian nama secara fuzzy pada berbagai bahasa dan dokumen.
  7. KDnuggets - The Most Popular Language For Machine Learning and Data Science Is …
    Ketika melakukan pemilihan bahasa pemrograman untuk proyek Data Analytics, banyak terjadi perbedaan pendapat yang tentunya sangat bergantung pada latar belakang dan area yang digeluti.

Rilis produk

  1. Apache Beam - Apache Beam established as a new top-level project
    Apache Software Foundation mengumumkan bahwa Apache Beam telah menjadi Top-Level Project pada apache project. Sebelumnya Apache Beam merilis versi terbaru yaitu versi 0.4.0
  2. Apache Calcite - Release 1.11.0
    Hampir tiga bulan setelah rilis sebelumnya, terdapat daftar panjang perbaikan software termasuk perbaikan bug.