. Posted in Monthly News

kunjungan dg UAI

-11-06-2015-

Kunjungan beberapa mahasiswa UAI yang tertarik menambah wawasan dengan produk dan layanan dari Solusi247, kunjungan ini diharapkan sebagai user yang juga dapat berperan aktif dalam membangun ICT di Indonesia.

. Posted in Monthly News

Jakarta, Maret 2015

"Ledakan jumlah data membuat SOLUSI247 harus memutar otak agar dapat memenuhi keinginan kliennya. Namun hasilnya juga membanggakan. SOLUSI247 memiliki software big data yang pertama dan satu-satunya di dunia"

Pada dasarnya, tugas utama solusi247 adalah mengolah database yang dihasilkan klien setiap harinya agar menjadi data yang siap saji. "Datanya tetap berada di masing-masing perusahaan, namun pengolahannya dilakukan secara remote dari sini,"ujar Bagus Rully Muttaqien. Namun seiring ledakan jumlah data, Solusi247 pun harus terus berinovasi untuk mempertahankan kecepetan pemrosesan data.

contohnya tahun 2004, ketika lonjakan jumlah data membuat pemrosesan data di dalam database menjadi lambat. Saat itu Solusi247 mulai menggunakan software cosort. "File database-nya diubah menjadi flat file, sehingga Solusi247 beralih ke solusi berbasis grid computing.Meski awalnya menjanjikan, grid computing terbentur masalah skalabilitas."kalau menambah dari satu menjadi dua node, efeknya kecil," ungkap Rully menceritakan keterbatasan grid computing. Karena itulah sejak tahun 2008, Solusi247 mulai mengadakan riset soal Hadoop, sistem pengolahan data terdistribusi buatan Apache. Mereka pun melihat banyak keunggulan Hadoop sehingga memutuskan untuk mulai mengimplementasikannya di tahun 2010.

Setelah menggunakan Hadoop, Solusi247 kini tidak menemui kesulitan memproses data yang tiap harinya mencapai 60 miliar record dan 20TB data. efektifnya setelah input data ditutup jam 12 malam, jam 4 pagi sudah selesai diolah. Seluruh proses berjalan otomatis di dalam sistem, namun solusi247 tetap menyediakan tim khusus yang mengawal pengolahan data di dini hari tersebut.

Meski efektif, Hadoop tetap melahirkan tantangan tersendiri."Coding di Hadoop kan menggunakan Map Reduce yang terkenal rumit," kata Rully. Hal ini berefek pada lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah business process di Hadoop. Untuk mengatasi itu, Solusi247 pun membuat H-Grid, sebuah aplikasi memvisualisasikan seluruh proses coding tersebut. "Engineer kami tinggal drag-and-drop untuk membuat business process, lalu H-Grid akan meng-generate menjadi coding," ucapnya. Cara ini sangat membantu efisiensi Solusi247 dalam membuat sebuah business process baru. Jika sebelumnya membutuhkan waktu 2-3 minggu, H-Grid membuat sebuah proses dapat dibuat dalam hitungan hari, bahkan jam" H-Grid ini 100% buatan indonesia dan yang pertama di dunia," ujar Rully dengan nada bangga. Solusi247 menyebarkan H-Grid itu secara gratis, bahkan melakukan pelatihan di beberapa universitas di Indonesia.

Selain memiliki H-Grid yang digunakan untuk memproses batch data (data yang sudah terkumpul), Solusi247 juga memiliki S-Grid dan H-Spark. S-Grid digunakan untuk mengolah data secara real-time, sementara H-spark digunakan untuk mengolah data di dalam memori (in-memory processing). "Semuanya produk asli buatan indonesia," ujar Rully.

Indonesia adalah negara yang luas, jumlah penduduknya banyak, sehingga otomatis menghasilkan data yang banyak sekali,"ujar Rully. Seluruh data itu sebenarnya adalah aset yang harus dikelola dan dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa ini. Pertanyaannya besarnya adalah siapa yang akan mengelola aset itu. "jika bangsa sendiri yang mengelola, kita yang akan mendapatkan manfaat. Namun jika dikelola bangsa lain, merekalah yang akan mendapatkannya.

Beberapa lembaga negara seperti BPJS dan Diroktorat Pajak kini mulai tertarik memanfaatkan data besar yang mereka miliki. "Kami sudah beberapa kali berdiskusi dengan mereka tentang bagaimana memanfaatkan data tersebut," tukas Rully. Salah satu manfaat yang coba dikaji adalah data penyakit pasien BPJS di suatu daerah. "Dengan begitu BPJS bisa tahu trend penyakit disuatu daerah dalam kurun waktu tertentu," Rully mencontohkan.

SOLUSI247 adalah ahli pengolahan data yang membuat sebuah data menjadi berharga

 

Sumber : INFOKOMPUTER

. Posted in Monthly News

Solusi247 terlibat secara aktif dalam ADITIF

( Asosiasi Digital Kreatif)

Read More...

. Posted in Monthly News

Radar buatan anak bangsa siap di aplikasikan pada tol laut yang diprakarsai oleh Joko Widodo dan Jusuf Kalla

Read More...

. Posted in Monthly News

Solusi247 kembangkan Teknologi VTS untuk Memonitor Maritim Indonesia

"Saat ini, Solusi247 memiliki satu VTS yang diletakkan di Jakarta Selatan dan sedang dalam proses pengembangan. Dikatakan Bagus, VTS tersebut memiliki daya jangkau sepanjang 40 kilo meter sehingga mampu mendeteksi keadaan laut sekitar pantai Jakarta, mulai dari Tanjung Priuk hingga Angke." -Article by SWA-

For more information Click Here...

Our Products

Recent News

Kunjungan Mahasiswa UNSOED

kunjungan beberapa mahasiswa jurusan Informatika, Universitas Soedirman ke Head Office Solusi247

Read More...

icon2 PT. Dua Empat Tujuh
Segitiga Emas Business Park
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.6
Jakarta Selatan-12940, INDONESIA
icon1 +62 21 579 511 32
icon3 +62 21 579 511 28
 1icon youtube1