Labs247 Bersama Dengan BMKG Mengembangkan Radar Cuaca WX-1

Labs247 dan BMKG bekerjasama mengembangkan teknologi Hi-tech: Weather Radar WX-1. Proses pengukuran Radar Cuaca WX-1 yang dikembangkan oleh Labs247 ini dilakukan di Geostech, Puspitek Serpong. Agenda yang dilaksanakan saat pengukuran radar adalah melakukan komparasi dan kemudian radar tersebut di evaluasi. Proses pembuatan radar ini pun dilakukan melalui 2 fase, yaitu fase horizontal scanning dan fase vertical scanning ditambah fitur-fitur yang diminta oleh BMKG, dimana BMKG sendiri disini yang nantinya akan menjadi usernya.

Panjang gelombang yang dipancarkan radar tersebut adalah sejauh 60 km secara horizontal dan vertikal dengan hasil yang lebih detail.

Radar Cuaca WX-1 ini dibuat khusus untuk situasi cuaca di Indonesia. Apa kelebihannya? Berbicara mengenai kelebihan, radar ini berpontensi akan sangat menguntungkan karena selain radar WX-1 ini sangat canggih, power transmit weather radar WX-1 ini juga hanya 30 watt dan untuk konsumsi keseluruhan tenaganya tidak sampai 500 watt karena radar ini sudah memakai teknologi Frequency Moculated Continuous Wave (FMCW).

Direncanakan nantinya radar tersebut akan diimplementasikan di bandara-bandara perintis di Indonesia.