Radar Maritime Dari Dalam Negeri, Radar Indera MX-4

SOLUSI247 Bekerja sama dengan BPPT dan TRI (Telekomunikasi Radar Indonesia) dipercaya oleh RISTEKDITI untuk membuat serta mengembangkan radar maritim karya anak  bangsa. Radar yang dimaksud adalah Radar INDERA MX-4 yang kemarin dihibahkan kepada Kementrian Perhubungan (Kemenhub) oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Sangat membanggakan ketika pada tahapan uji coba Prototype Radar Maritim INDERA MX-4 dilakukan, hasil yang di dapatkan dari pembuatan dan pengembangan radar tersebut  berfungsi dengan baik sesuai dengan spesifikasi teknis yang direncanakan. “Saat ini Prototype Radar tersebut telah dioperasikan secara penuh oleh VTS Merak Banten dan sangat membantu operasional VTS Merak untuk memantau lalu lintas kapal, terutama pada periode arus mudik lebaran 2017 lalu.” Ujar Sesjen Sugihardjo.

Sesjen Sugihardjo juga menjelaskan bahwa radar INDERA MX-4 untuk maritime ini memiliki teknologi yang tidak dimiliki oleh radar yang terdahulu (yang pernah di implementasikan). Salah satu keunggulannya adalah radar tersebut bisa dilacak oleh alat pendeteksi radar yang dipasang dikapal. Sehingga, dengan begitu semua kapal yang bergerak di wilayah Pelabuhan Merak bisa terdeteksi. “Alat ini lebih canggih dari radar konvensional sebelumnya. Alat ini tingkat keamanannya lebih tinggi. Alat ini juga dapat mengedapankan karya anak bangsa,” tutur beliau.

Selain keunggulan yang tersebut diatas, kelebihan lain dari radar ini adalah radar ini juga menggunakan bandwidth lebih luas, sehingga semua kapal dapat terdeteksi. Radar ini juga bisa menutup lubang yang menjadi kekurangan Kemenhub. Hal tersebut dijelaskan oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Muhammad Dimyati.

Radar Indera MX-4 diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dan keamanan mumpuni karena sulit digapai oleh alat pendeteksi radar.

“Ini radar generasi keempat. Life time-nya lebih panjang dan lebih murah dari radar buatan asing karena local content-nya mencapai 75%,” tambah Bpk. Dimyati di acara tersebut.

Biaya yang di keluarkan untuk riset Radar Maritime INDERA MX-4 ini sejumlah kurang lebih Rp. 3 miliiyar.