FI_Scrum Training Day

Scrum Development Software Training Day – IABIE dan Labs247

Kamis, 12 Januari 2017, Labs247 bekerja sama dengan IABIE menggelar pelatihan SCRUM yang bertajuk "Scrum Training Day". Scrum Training Day dimulai pukul 17.00 WIB s/d selesai dan berlokasi di Head Office PT. Dua Empat Tujuh yang beralamat di Segitiga Emas Bussiness Park, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 6, Jakarta Selatan – 12940, Indonesia. Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang menjelaskan definisi dan fungsi Scrum.

SCRUM TRAINING DAY2


Penjelasan Singkat Scrum Development Software

Pertama kali diperkenalkan oleh Jeff Sutherland awal tahun 1990an dan kemudian dikembangkan oleh Schwaber dan Beedle. Scrum merupakan framework untuk manajemen pengembangan system dengan karakteristik cekatan dan bersifat iterative dan incremental. Scrum mendefinisikan dirinya flexible. Scrum memiliki strategi pengembangan yang menyeluruh dimana seluruh team dalam suatu projek akan bekerja sebagai satu kesatuan untuk mencapai goal yang sama.

Scrum memiliki 3 role, diantaranya :

  1. Product Owner
    Produk owner memastikan bahwa proyek berjalan sesuai yang diharapkan. Produk owner merupakan jembatan antara klien dengan team development. Produk owner akan menuliskan spesifikasi-spesifikasi yang sesuai dengan cara pandang klien

  2. Team Member
    Team Member terdiri dari para profesional yang bekerja dalam suatu projek. Team Member dibentuk dan didukung oleh organisasi untuk mengatur dan mengelola pekerjaannya secara mandiri.

  3. Scrum Master
    Scrum Master adalah seorang pemimpin yang melayani Team Member. Scrum Master membantu pihak di luar Team Member untuk memahami apakah interaksi mereka dengan Team Member bermanfaat atau tidak. Scrum Master bertanggung jawab untuk memastikan Scrum telah dipahami dan dilaksanakan. Scrum Master melakukannya dengan memastikan Team Member mengikuti teori, praktik, dan aturan main Scrum. Scrum master akan mencegah hal-hal yang mengalihkan focus team. Scrum master juga bertanggung jawab untuk membuat suasana kondusif agar team dapat bekerja sama dalam proses pencapaian goal.

Source :
Scrum Development Software Definition
Scrum Metodology


Capture14

Capture13