Big Data Sebagai Alat Bantu Pengeboran Minyak dan Gas

Industri minyak dan gas kini tengah menghadapi tantangan berat, seperti meningkatnya biaya produksi dan gejolak politik internasional. Hal tersebut mempersulit usaha ekplorasi dan pengeboran cadangan minyak baru.

Beberapa tahun belakangan ini Royal Dutch Shell mengembangkan ide untuk membangun ladang minyak yang didukung oleh data atau disebut “data-driven oilfield” dalam usaha untuk mengurangi biaya pengeboran yang merupakan biaya utama industri migas.

Sejak beberapa tahun ini Shell sudah mulai memasang kabel serat optik dalam sumur minyak. Pada kabel serat optik ini terpasang sensor-sensor yang mengukur segala sesuatu dalam sumur. Dengan data-data dari sensor tersebut, Shell dapat melakukan analisa yang lebih akurat mengenai keadaan sumur minyak atau seberapa besar gas yang masih tersisa.

Sensor super sensitif dalam kabel serat optik membantu Shell menemukan minyak tambahan di dalam sumur yang diduga telah kering. Sensor-sensor yang buat oleh Hewlett-Packard ini menghasilkan data dalam jumlah yang sangat besar dan ditransfer ke dalam sistem komputasi awan Amazon Virtual Private Cloud dengan menggunakan Hadoop. Sejak pertama kali dimulai mereka telah mengumpulkan 46 petabyte data dan pada tes pertama yang mereka lakukan di salah satu sumur minyak menghasilkan 1 petabyte informasi.

Shell juga bekerja sama dengan IBM dan DreamWorks Hollywood untuk memvisualisasikan data-data yang didapat oleh sensor. Semua data yang diterima dari sensor seismik dianalisis oleh sistem kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Shell dan dirender menjadi peta 3D dan 4D dari reservoir minyak. Meskipun analisis dilakukan dalam komputasi awan, visualisasi segera tersedia bagi awak yang bekerja di pabrik lokal.

Melihat hasil yang dicapai mereka berkeinginan memasang sensor untuk sekitar 10.000 sumur minyak, dengan perkiraan 10 Exabytes data, atau sekitar 10 hari dari semua data yang dihasilkan oleh internet.

Source :

https://datafloq.com/read/shell-drills-deep-with-big-data/508

http://www.oilreviewmiddleeast.com/information-technology/big-data-is-the-new-drilling-tool-for-shell

http://www.smartdatacollective.com/bernardmarr/358203/big-data-big-oil-amazing-ways-shell-uses-analytics-drive-business-success/508


Sumber :

Id Big Data