Kini Anda pun Bisa Ikut Mengembangkan Google Machine Learning Engine

Baru-baru ini Google mengumumkan bahwa mereka membuka TensorFlow menjadi open source dengan lisensi Apache 2.

Tensor Flow sendiri adalah machine learning engine yang dipakai Google di banyak aplikasi mereka, mulai dari pengenalan suara, SmartReply yang membantu pengguna dengan mengidentifikasi email penting sekaligus memberikan usulan balasannya, pengenalan gambar yang memungkinkan kita melakukan pencarian berdasarkan foto, mengenali dan menerjemahkan tulisan dari sebuah foto, dan lain-lain.

Menurut Google, engine ini dapat digunakan baik dalam riset maupun komersial, mulai dari mesin besar sampai telepon genggam. TensorFlow menggunakan metode deep learning dalam prosesnya, namun dapat juga menggunakan reinforcement learning and logistic regression.

Tentunya tidak semua aspek dari machine learning engine ini dibuka untuk umum. Saat ini hanya beberapa algoritma saja yang dicakup dalam paket open source ini. Dan tentunya Google tidak membuka arsitektur dari infrastruktur luar biasa canggih di balik engine tersebut. Versi open source ini pun adalah versi yang hanya akan berjalan di single computer, bukan yang bisa berjalan di jaringan yang besar. Namun demikian, langkah ini tetaplah sebuah langkah yang luar biasa, mengingat TensorFlow adalah bagian dari aplikasi inti Google saat ini.

Dengan langkah ini Google mengharapkan akan banyak pihak yang ikut mengembangkan teknologi Artificial Intelligence, terutama dengan menggunakan tools mereka. Dengan demikian diharapkan teknologi ini dapat berkembang dengan lebih cepat. Cara ini juga diharapkan dapat mencetak banyak ahli di bidang AI, dan membantu Google untuk menemukan calon-calon potensial untuk ditarik bekerja di Google.

Google sudah mempersiapkan website yang dilengkapi dengan tutorial dan dokumentasi untuk mulai mempelajari machine learning. Kini siapapun dapat ikut serta mengembangkan TensorFlow, termasuk anda.

Selamat belajar!


Sumber :

Id Big Data