Kuliah Umum dan Workshop “BigData for Business”

Solusi 247 mengadakan kuliah umum dan workshop “BigData for Business” untuk dosen dan mahasiswa yang bertempat di Fakultas Ekonomi Bisnis.

Telkom University – Bandung.

Workshop bigdata


Big Data Mempengaruhi Perubahan Bisnis

Di lalu lintas protokol internet: Data-data bursa saham dan keuangan, akun pengguna internet, data transaksi perbangkan, transaksi penjualan, citra stelit, GPS, recorder camera, log, komunikasi antar pengguna, triliunan postingan, dokumen pribadi, dokumen pemerintahan, dokumen perusahaan, dokumen organisasi, video, gambar, audio Mp3, data email, akun pengguna internet, data GPS, telematri, data provider dan pelangganya, feed, game online dan aplikasi-aplikasi yang berkerja menjalankan internet pada koneksi global, serta sensor data dimana-mana yang bekerja di protokol internet. Itu semua adalah apa yang ada dalam Big Data. Anda mungkin dapat membayangkan luar biasanya jumlah data-data tersebut. Namun mengetahui berapa pasti banyaknya data-data itu adalah hal yang rumit dan kompleks.

Teknologi perangkat keras penyimpanan data berbasis cloud dan perangkat lunak open source hari ini telah membuat keberadaan Big Data menjadi lebih mudah di jangkau, dan dimengerti. Big Data bagi banyak perusahaan hari ini merupakan hal yang memang sangat meraka butuhkan, hal ini dikarenakan dalam data-data dengan volume besar ini terdapat pola dan informasi yang sangat berharga dan tentunya sangat kaya untuk di analisis untuk berbagai kebutuhan seperti; mempradiksi, pemasaran, identifikasi, pengambilan keputusan dan lainya.

Perusahaan seperti Google dan Hadoop Apache telah mengambil manfaat sejak dulu dari data dengan volume raksasa, dan menjadikanya sebagai kekuatan perusahaan mereka.

Google Search Engine misalnya sebagai perusahaan teknologi dengan pengguna terbanyak dan memberi manfaat terbesar kepada pengguna internet di seluruh dunia kepada berbagai lapisan termasuk perusahaan raksasa sekalipun. Tidak mengherankan jika Google menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia dengan kekayaan ratusan triliun yang ditambang dari data dan sejumlah proyek mereka yang lahir akibat analisis data sains dari gudang data mereka.

Source :

Big Data Mempengaruhi Bisnis Anda


Beberapa alasan mengapa Big Data mempengaruhi bisnis Anda

Big Data Peramal Pasar Di Masa Depan
Big Data menjadi salah satu tempat pengumpulan berbagai data dalam satu platform. Maka tak heran, kalau Big Data memungkinkan perusahaan bisa memprediksi pasar dengan lebih dulu. Banyak perusahaan yang masih bingung saat melakukan atau menjalankan bisnis karena mereka tidak mengerti kebutuhan pelanggan dan minat pelanggan yang semakin meningkat. Padahal masih begitu banyak hal yang bisa dikembangkan dari perusahaan tersebut. Dengan Big Data inilah alasan utama perusahaan akan bisa mengembangkan bisnis dengan lebih baik dan bisa memprediksi pasar yang lebih akurat, sehingga membuat perusahaan akan berkembang lebih baik dari sebelumnya karena sudah memilki data-data yang lengkap dan sesuai tujuan bisnisnya.

Data Jadikan Aset Berbisnis
Setiap bisnis tidak akan terlepas dari data dan analisa pada bisnis tersebut, misalnya saja saat Anda membuat website e-commerce, pengunjung membeli produk A melalui website yang Anda dirikan, kemudian datang pengunjung baru yang mendaftar saja atau yang sudah pernah melakukan pembelian. Saat semua pelanggan mulai jarang melakukan pembelian, para pelanggan masih meninggalkan informasi transaksi dari produk yang mereka beli. Naah, dari data itulah Anda bisa mengambil informasi data transaksi yang pernah ada di database website, Anda dan para pengusaha yang lain juga meletakan produknya di website Anda bisa dapat melihat dengan detail produk mana yang paling laku terjual dan produk mana yang sepi peminatnya.

Dengan mendata semua user/customers, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan aset data yang sudah dimiliki dari Big Data ini. Maka jika para pengusaha bertanya “bagaimanakah Anda mengembangkan bisnis?” Anda tidak perlu memikirkannya, karena Anda sudah memiliki alasan yang tepat yaitu mempunyai semua aset data yang Anda miliki akan menjadi penentu arah bisnis Anda.

Mendata Pencapaian Target
Analisa pada semua data yang terkumpul pada big data akan membuat perusahaan lebih mudah dalam menganalisa apa saja yang telah di capai perusahaan atau platform media sosial yang Anda punya. Misalnya, di saat Key Performance Indicators (KPI) Anda mencapai target di Fanpage Facebook sebesar 25.000 like pertahunnya atau 50.000 user yang telah mendaftar di website Anda setiap tahunnya. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa bisnis Anda membutuhkan Big Data untuk mengetahui pencapaian target dalam perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga bisa mengandalkan Big Data untuk urusan internal yang bisa membantu pimpinan dalam mengawasi kinerja staff atau karyawan yang ada dalam perusahaan. Maka dari itu, Big Data bukan hanya untuk pencapaian penjualan/marketing perusahaan, namun Big Data juga bisa menganalisa kinerja sumber daya manusia internal perusahaan Anda.

Meningkatkan Pelayanan Customers
Alasan berikutnya kenapa Big Data bisa mengubah bisnis Anda, ya tepatnya ada pada pelayanan Anda pada customers. Kalau Anda ingin mencapai penjualan yang tinggi, Anda pun harus meningkatkan pelayanan pada pelanggan.  Dari data-data inilah Anda bisa mengetahui apa saja yang costumers inginkan, apa saja keluhan yang mereka rasakan dan fasilitas apa yang mereka mau. Dengan Big Data para pelaku bisnis bisa melebarkan sayap dalam memasarkan produk serta memberikan keuntungan  untuk aset nyata perusahaan yaitu pelanggan.

Apa yang Anda tunggu dari kecanggihan mendata pada Big Data? Anda bisa menggunakan berbagai tools atau platform Big Data yang bisa memberikan kesempurnaan mendata. Anda juga bisa mengetahui lebih dalam cara mengoptimalisasikan Big Data ke dalam bisnis atau brand dengan datang ke workshop social media terbesar yaitu Social Media Week 2016 pada tanggal 22 – 26 Februari 2016.

Source :

Alasan Big Data Pengaruhi Perubahan Bisnis