Pentingnya Big Data untuk Indonesia Dibahas di Event Data Science Days

Telkom University menggelar acara DSD atau Data Science Days yang diselenggarakan di Gedung C Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University-Bandung pada hari Kamis, 10 November 2016. Dalam kegiatan tersebut, Telkom University menggandeng pembicara-pembicara yang handal dibidangnya salah satunya yaitu Bpk. Beno K. Pradekso yang tidak lain adalah CEO dari SOLUSI247.

Dalam pembahasannya, beliau mengangkat tema “Big Data for Better Indonesia”. Beliau menjelaskan secara gamblang betapa pentingnya teknologi Big Data untuk kemajuan bangsa Indonesia. “Big data itu dikategorisasi menjadi 3 (tiga) problems, yaitu pertama adalah volume data yang sangat besar, kedua tipe datanya yang berbeda-beda, kemudian yang ketiga adalah datangnya data yang sekarang ini mendekati realtime, atau near-realtime.” Ungkap beliau.

Kedatangan data yang near realtime tersebut menjadi tantangan bagaimana kita mengolah data tersebut menjadi sebuah informasi yang berguna. “Periode yang sebelumnya, data yang datang itu file-base, kita terima dalam bentuk file kemudian kita olah. Tapi sekarang semua data yang datang dari sensor yang ada, harus kita respon secara instan atau mendekati realtime.” tambah beliau.

Beno K. Pradekso: Big Data for Better Indonesia

Beliau menjelaskan, tidak hanya perusahaan telco yang menjadi data source. Perusahaan yang bergerak dibidang perbankan dan government seperti pajak dan BPJS juga termasuk perusahaan lain yang menjadi data source, dimana perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan pengolahan data yang cepat. Beliau juga menyebutkan beberapa produk pengolahan big data diantaranya adalah H-Grid atau Hadoop Grid, Braja Appliance, Yava dan lain-lain. Produk-produk tersebut adalah produk asli garapan anak bangsa (local products).

Data Science Days ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama dilaksanakan pada hari Rabu, 09 November 2016 berisi workshop, hari kedua yaitu pada hari Kamis, 10 November 2016 berisi seminar. Kegiatan ini dimulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 15.30 WIB.

Pada akhir acara ini, terdapat juga Deklarasi ADSI atau Asosiasi Data Science Indonesia. Solusi247 mengirim Bagus Rully Muttaqien dan Bpk. Mugi Prayitno sebagai deklarator