Workshop Big Data di Universitas Hasanuddin Gowa, Makassar

Selasa, 27 September 2016 waktu Makassar, SOLUSI247 mengadakan workshop mengenai Big Data di Universitas Hasanuddin, Gowa, Makassar. Workshop yang diberikan oleh SOLUSI247 ini membahas tentang produk Chanthel – Document Management System, HGrid247 for Hadoop Processing, tentu saja berkaitan dengan Big Data.

Dijelaskan disini, Chanthel adalah Document Management System garapan SOLUSI247 yang dimana Chanthel ini berfungsi sebagai sistem yang digunakan untuk mengelola dokumen di setiap file cycle dokumen tersebut. Chanthel menghandle dokumen secara elektronik, mulai dari dokumen tersebut masih dalam bentuk draft, di review, di publish, disimpan, lalu sampai pada akhirnya dokumen tersebut dibuang atau dihancurkan. Chanthel digarap oleh SOLUSI247 Yogyakarta yang di ketuai oleh Bpk. Arief Dolant.

Sementara untuk HGrid247 atau lengkapnya Hadoop Grid 247 adalah tools untuk pengolahan Big Data (Big Data Processing). Hadoop Grid 247 ini dirancang oleh Bpk. Solechoel Arifin yang merupakan HGrid247 Lead Developer dari SOLUSI247. HGrid247 digunakan untuk proses ETL (Extraction, Transformation, Loading). Proses ETL ini merupakan proses yang harus dilalui dalam pembentukan data warehouse.

whatsapp-image-2016-09-27-at-3-43-54-pm

Selain Bpk. Arief Dolant dan Bpk. Solechoel Arifin, SOLUSI247 juga mengirim beberapa perwakilan untuk menghadiri workshop ini, diantaranya adalah Bpk. Beno K. Pradekso, Bpk. Sigit Prasetyo, Bpk. Hery Setiawan, serta Bpk. Kokok Riyanto.

Workshop Big Data ini merupakan kerjasama antara SOLUSI247, Unversitas Hasanuddin – Gowa, Makassar Fakultas Teknik Elektro jurusan Teknik Informatika dan IdBigData.